Dr. Fatkhur Rohman, M.A. lahir di Desa Sikara-kara II pada 1 Maret 1985. Sekarang bertugas sebagai dosen dalam bidang Ilmu Pendidikan Islam pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Medan. Jenjang studi ditempuh pada Sekolah Dasar Negeri No. 147902 di Sikara-kara II Natal tahun 1997, MTs Nahdlatul Ulama di Natal tahun 2000, Madrasah Aliyah Negeri Natal tahun 2003, S-1 Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Sumatera Utara Medan tahun 2008, S-2 Prodi Pendidikan Islam Pascasarjana IAIN Sumatera Utara Medan tahun 2013, S-3 Prodi Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan tahun 2023.

Beberapa karya ilmiah akademik yang telah terbit: Pemikiran Pendidikan Islam Muhammad Abduh (Jurnal Raudhah: Vol. IV, No. 1: Januari – Juni 2016), Pendidikan Islam: Menguak Sejarah Perkembangan Madrasah Hingga Era Nizamiyah (Jurnal Nizhamiyah, Vol. VII, No 2, Juli – Desember 2017), Peran Pendidik dalam Pembinaan Disiplin Siswa di Sekolah/Madrasah (Jurnal Ihya al-Arabiyah, Vol. 4, No. 1, 2018), Manajemen Kurikulum Dalam Pendidikan Islam (Jurnal Nizhamiyah, Vol. VIII, No.2, Juli – Desember 2018), Perkembangan Pendidikan Agama di Sekolah Sejak Indonesia Merdeka (Jurnal TAZKIYA Vol.8, No.1 Januari-Juni 2019), Teori Belajar Elaborasi: Suatu Strategi Pembelajaran, (Jurnal Al-Hadi, Vol 5 No 1, 2019), Editor Buku: Etika Akademis Dalam Islam: Pemikiran Nukman Sulaiman Tentang Etika Pendidik dan Peserta Didik (Penerbit: K-Media, Yogyakarta, 2020); Tanggung Jawab Pendidikan Perspektif Pendidikan Islam (Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidian Islam, Vol. 20, No 2, 2020); Science Integration In Islam (Proceeding International Seminar of Islamic Studies II, Januari 2021, UMSU); Editor Buku: Bimbingan Konseling Pendidikan Islam Kajian Praktis Di Pondok Pesantren (Penerbit: Perdana Mulya Sarana, Medan 2021); Teacher’s Perception of the Digital Report Card Application and it’s Implementation at Private Primary School for Islamic Studies (FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, Vol. 7, No 1, 2021); Tujuan Pendidikan Islam pada Hadis-Hadis Populer dalam Shahihain (Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 10, No. 3, 2021); Education Management Effectiveness At State Senior High School For Islamic Studies 2 Mandailing Natal (International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM), Vol. 4, No. 3, 2022); Multicultural Education Construction In Madrasah (Prosiding Internasional Universitas Dharmawangsa, 2022); Multiple Impact of Individual Value Systems, Facets of Job Satisfaction, And Organizational Climate Upon the Commitment of Boarding School Teachers in South Tapanuli Regency (Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 11, No. 3, 2022); Intellectual Tradition And Openness Think KH Abdurrahman Wahid: Study of KH Abdurrahman Wahid Thought Figures (JHSS: Journal Of Humanities And Social Studies, Vol. 6, No. 3, 2022); Modernization Islamic Education Historical Background (International Seminar and Conference on Islamic Studies (ISCIS), Prodi Pendidikan Islam S3 Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan, 2022); Peran Orang Tua dalam Menanamkan Sikap Disiplin Anak pada Masa New Normal (Fitrah: Journal of Islamic Education. Vol. 3, No. 1, 2022); Multicultural Education Construction In Madrasah (International Confenence: Proceedings The 1st Annual Dharmawangsa Islamic Studies, 5-6 Desember 2022 di Universitas Dharmawangsa); Islamic Education Management: A Study of Multicultural Paradigm (Educational Administration: Theory and Practice, Vol. 29, No. 1, 2023); Buku “Belajar dan Pembelajaran”, Penerbit: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia (PRCI), Jawa Barat, Feberuari 2023 (Penulis ke-2).