PROFIL LULUSAN PROGRAM MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUMATERA UTARA MEDAN

Visi

“Menjadi program studi Magister manajemen Pendidikan Islam yang unggul dan berkontribusi terhadap pengembangan sumber daya manusia dengan paradigma Wahdatul ulum dan transdisipliner di Asia tenggara Tahun 2035”.

Misi

Melaksanakan pendidikan dan pembelajaran manajemen pendidikan islam terpadu dengan orientasi ilmu ilmiah di kemas berparadigma Wahdatul ulum dan transdisipliner.

Melaksanakan penelitian dibidang manajemen pendidikan dan non pendidikan berbasis Wahdatul Ulum transdisipliner yang menghasilkan pengetahuan dan tekhnologi baru.

Menyelenggarakan pengembangan pengetahuan tekhnologi dan/atau seni dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.

Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dalam bidang manajemen pendidikan islam berbasis Wahdatul Ulum transdisipliner untuk mewujudkan masyarakat belajar multiliterasi yang mandiri dan sejahtera.

Mengembangkan kemampuan memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, tekhnologi/atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner.

Tujuan

Menghasilkan magister Manajemen Pendidikan yang mampu merencanakan, mengalola dan mengambangkan lembaga pendidikan Islam berlandaskan Ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.

Menghasilkan magister yang memiliki kemampuan merencanakan, melaksanakan, dan mempublikasikan serta mengelola hasil penelitian dalam bidang manajemen pendidikan Islam dan konseling sesuai dengan perkembangan ilmu penegtahuan yang berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.

Menghasilkan magister pendidikan yang memiliki kemampuan menganalisis dan memecahkan problematika manajemen pendidikan islam dan konseling sesuai berlandaskan ajaran dan etika keislaman dan keilmuan dan keahlian.

Menciptakan magister yang menguasai paradigma keilmuan nondikotomis (integrasi, interkonseksipohon ilmu, roda ilmu) dan berbagai variasinya dalam bidang manajemen pendidikan islam dan konseling.

Menciptakan magister yang menguasai dan mengembangkan teori dasar manajemen pendidikan islam sebagai landasan keilmuan manajemen pendidikan islam dan konseling berdasarkan pendekatan inter atau multidisipliner.

Menciptakan Magister yang mampu menguasai dan mengembangkan tahapan-tahapan dan praktik pengelolaan lembaga pendidikan islam secara konseptual dan sistematis.

Menciptakan Magister Yang Menguasai Konsep-Konsep Manajemen Pendidikan Islam Baik Dalam Literatur Bahasa Internasional Arab Dan Bahasa Inggris Secara Jelas Dan Tepat; Aktif Dan Pasif.

Menciptakan Magister Yang Mampu Menguasai Dan Mengembangkan Ragam Penelitian Manajemen Pendidikan Islam Dan Konseling Berdasarkan Pendekatan Inter Atau Multidisipliner.

Menciptakan Magister yang menguasai dan mengembangkan teori-teori kepemimpinan islam dan Konselor yang dapat diterapkan dalam mengelola lembaga pendidikan islam untuk menumbuhkembangkan jiwa dan karakter kepemimpinan profetik.

Profil lulusan Program Magister (S2) Prodi Manajemen Pendidikan Islam  (MPI)  Menjadi program studi Magister manajemen Pendidikan Islam yang unggul dan berkontribusi terhadap pengembangan sumber daya manusia dengan paradigma Wahdatul ulum dan transdisipliner serta menjadi tenaga kependidikan yang dibutuhkan oleh masyarakat maupun untuk kebutuhan pengembangan keilmuan adalah lulusan bergelar magister yang unggul, baik dalam aspek sikap, aspek pengetahuan, aspek ketrampilan dan aspek humanis (rasa kemanusiaan yang tinggi), sehingga bisa membimbing siswa dan mahasiswa dengan baik dan efektif. Disamping itu lulusan bergelar magister manajemen pendidikan islam juga mampu secara jeli dan kritis dalam mengindentifikasi permasalahan-permasalahan yang ada dalam dunia pendidikan, dan mampu secara kreatif menjadi manajer Profesional pada jalur dan jenjang Pendidikan, peneliti, pengembang dan konsultan dalam bidang Manajemen Pendidikan Islam dengan basis ilmiah yang efektif.

Adapun profesi, bidang pekerjaan, atau bidang keilmuaan dan keahlian yang dapat diisi oleh lulusan.

a. Akademisi (Dosen) Manajemen Pendidikan Islam.

b. Peneliti bidang Manajemen Pendidikan Islam.

c. Kepala Sekolah.

d. Guru Manajemen Pendidikan Islam.

d. Pengelola Lembaga Pendidikan.

e. Pengelola Administrasi.

Selanjutnya lulusan berkerja sebagai dosen, dapat dilihat (disini)