Magister MPI Konsentrasi BK, Langsungkan FGD

Program magister MPI Konsentrasi BK, FITK UINSU Medan melaksanakan kegiatan focus group discussion di gedung SBSN lantau 1, Kampus II jalan Pancing. kegiatan ini dilakukan untuk menyelesaikan penelitian program studi magister MPI.

Kegiatan yang berlangsung kurang lebih empat jam ini, menghasilkan banyak pemikiran, pemecahan masalah dan upaya pengembangan yang akan dilakukan guna mengembangkan prodi magister MPI konsentrasi BK. secara resmi, kegiatan ini dibuka langsung oleh ketua prodi Dr. Makmur Syukri, M.Pd.

Dalam sambutannya beliau mengungkapkan, penelitian merupakan salah satu tridarma perguruan tinggi dan tidak dapat dilepaskan dari aktifitas dan rutinitas civitas akademik. Beliau sangat menyambut baik penelitian ini dan berharap menghasilkan rekomendasi yang dapat dijadikan sebagai salah satu pertimbangan dalam menghasilkan program studi BK/BKPI yang mandiri.

Berdasarkan hasil temuan ditempat kegiatan turut hadir guru besar konseling UNIMED Prof. Dr. Rosmala Dewi, M.Pd., Kons dan guru besar UINSU Medan sekaligus Ka. Prodi BKPI FITK Prof. Dr. Nurussakinah Daulay, M.Psi. Kegiatan ini berlangsung dengan tertib dan penuh kebermaknaan dibawah tuntunan moderator, Mansur Keling. M.Pd.E.

Prof. Rosmala Dewi dalam paparannya menyampaikan bahwa menyediakan konsultan BK di sekolah menjadi tanggunga jawab kita bersama. Oleh karena itu, FGD yang seperti ini sangat mendukung percepatan pengembangan profesi bimbingan dan konseling di kota medan. beliau berharap semoga UINSU Medan dapat menjadi salah satu basis penghasil pelaksana dan konsultan BK di Madrasah.

lebih lanjut, Prof. Sakinah menuturkan bahwa untuk menjadi konsultan di madrasah, maka dibutuhkan keterampilan lain yang dapat diperoleh melalui pelatihan yang disediakan oleh lembaga-lembaga lainnya. Pada kesempatan itu, motivasi untuk terus meningkatkan kualitas diri juga turut menjadi kajian yang disampaikan. “tutur Prof. Kinah (sapaan akrab beliau)”.

Ahmad Syarqawi, sebagai ketua peneliti saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa kegiatan focus group discussion ini dilakukan sebagai wujud kepedulian terhadap pengembangan keilmuan bimbingan dan konseling. tujuan ini sesuai dengan judul penelitian yang diangkat “pengembangan kemampuan magister MPI konsentrasi BK menuju konsultasn BK di madrasah” .